Sejarah Internet, Perangkat untuk mengakses Internet dan Cara mengakses internet

A. Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 B. Perangkat untuk Mengakses Internet

I. Perangkat Keras (Hardware)

1. Modem 
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Modem terbagi atas:
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM

2. Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
* static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan.
*dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya. Kartu Jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini. Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanya berresolusi sebesar 352×288 / 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1 Megapiksel. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).
3. Bridge Jaringan 
Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya. Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:
Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.
Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.

II. Perangkat Lunak (Software) 

Software untuk akses internet

Penggunaan browser sekarang ini sudah menjadi suatu kegiatan rutin / kewajiban bagi para pengguna internet. Dahulu, sebelum browser-browser seperti opera atau mozilla muncul, internet explorer menjadi sebuah browser buatan miscrosoft yang berperan penting dalam mengakses info-info baru dari internet.
1. Internet Explorer (IE) : Browser ini sudah memiliki banyak pelanggan karena sudah memiliki brand-image yang sangat terkenal. Internet Explorer ini dikeluarkan oleh microsoft corporation, biasanya secara default disertakan bersamaan dengan operating system (OS). Memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support digunakan untuk kegiatan apapun, jarang ada keluhan error / dsb. Kekurangannya mungkin agak sedikit lambat dalam urusan download file dari internet, baik untuk browsing, surfing, download, maupun upload. Untuk yang sangat mengandalkan kestabilan dan supported, browser ini bisa dijadikan pilihan utama.

2. Mozilla firefox : Browser ini memiliki keunggulan dalam hal tampilannya yang cukup sederhana. Kinerja akses internetnya memiliki kecepatan yang sangat tinggi, baik untuk download, maupun upload file. Kemudahan dalam hal penggunaan, juga menjadi pilihan banyak orang. Keunggulan yang tidak dimiliki IE adalah adanya tab baru dalam satu jendela yang sama, hal ini lebih memudahkan untuk mengakses ke banyak situs dalam satu tampilan tanpa harus berpindah-pindah windows / jendela sehingga lebih menghemat memory computer selama mengakses internet. Memiliki supported yang sangat tinggi dan keamanan yang cukup terjamin, produk yang diakuisisi oleh google ini semakin menggeser keberadaan IE sebagai browser dengan pengguna terbesar.

3. Opera : Browser ini menjadi saingan Mozilla Firefox dan internet explorer. Tampilannya terlihat cukup canggih dan modern. Keunggulannya sama seperti mozilla firefox, dapat membuat menu tab baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan untuk mengakses internet lumayan tinggi, cuman sering terjadi masalah dalam mengakses situs-situs tertentu seperti blogger misalnya. Supported yang disertakannya masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error / not completed result, didalam mengakases 
 


C. Cara Mengakses Internet

cara mengakses internet dengan modem usb | hp | gprs | cdma | starone | flexi | three | axis | smart | mobi | im2 | xl | esia | speedy | telkomsel flash | 3 | im3


Hal-hal yang Anda perlukan : Modem, Komputer
Langkah-langkah berikut ini menjelaskan cara mengakses internet melalui penyedia layanan Internet (ISP) dengan modem usb | hp | gprs | cdma | starone | flexi | three | axis | smart | mobi | im2 | xl | esia | speedy | telkomsel flash | 3 | im3.

Memeriksa Modem

Gunakan komputer yang memiliki modem internal, kalo tidak ada bisa juga dengan modem eksternal ke komputer.
Penyedia layanan internet (ISP) memerlukan setidaknya prosesor Intel 386 (atau Macintosh dari vintage ada) dan modem 14,4 Kbps agar bisa koneksi. Sebagian besar komputer keluaran baru telah memenuhi persyaratan ini.
Kita perlu menghubungkan modem ke operating system komputer, Anda akan memerlukan driver (software driver). Biasanya secara otomatis akan muncul pada window sebuah permintaan untuk install driver setelah anda menghubungkan (plug in) modem ke port. Driver ini merupakan sebuah program/software disimpan dalam cd sudah ada dalam paketannya ketika anda membeli modem. Pastikan software driver sudah di install dengan benar.
Lihatlah pada desktop komputer Anda untuk ikon nama penyedia layanan Internet atau nama koneksi internetnya. Jika Anda menemukannya, klik dua kali pada icon dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan account Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan ikon dan Anda menggunakan Windows, lakukan secara manual, caranya : buka menu Start dan pilih Settings, kemudian Control Panel. Pada jendela yang muncul, klik dua kali Internet Options. Klik tab Connections, lalu klik tombol Setup di bagian atas jendela. Sedikitnya anda perlu tahu data :
User name, Password, access number, dan APN
Pada Mac, cari Setup Internet Asisten dalam menu Apple.
Hubungi ISP dan tanyakan software-software yang diperlukan untuk terkoneksi ke internet.
Setelah Anda telah menerima perangkat lunak, ikuti petunjuk pada usia-paket untuk menginstal program dan mengatur account Anda.

Cara Mengakses Internet Dengan Modem External

Banyak komputer baru telah menyertakan perangkat lunak yang memungkinkan Anda dapat mengatur account ISP dan terhubung langsung ke Internet.
Untuk mengakses Internet wireless via GPRS-CDMA dengan modem external kita harus melakukan 2 hal:

- MEMBUAT SETTING MODEM DIKOMPUTER
- MEMBUAT KONEKSI DIAL UP

CARA MEMBUAT SETTING MODEM DIKOMPUTER
a. klik start - setting - control panel - phone and modem option - modem - pilih add
b. checklist Don't detect my modem, I will select it from list, klik next
c. Pilih nama modem yang telah anda install sebelumnya, next
d. Pilih Comm Port sesuai yang terinstall tadi, lalu pilih next - finish
e. Klik kanan di nama modem anda, pilih properties, advanced, masukkan AT+CGDCONT=1,"APN operator"

MEMBUAT KONEKSI DIAL UP

a. Masuk ke start - setting - control panel - network connection -
b. Create a new connection, next
c. Connect to the internet, next
d. Setup my connetion manually, next
e. Connect using dial-up modem, next
f. Isi ISP terserah anda ( contoh satelindo gprs ) lalu next
g. Isi phone number dengan *99***1#
h. Isi user name dan password sesuai kartu anda detailnya sebagai berikut:

* Mentari / Satelindo - User name: indosat@durasi, Password : indosat@durasi, APN: indosatgprs
* Telkomsel - User name : wap, Passwore : wap123, APN: internet
* XL - User name : xlgprs, password : proxl
* 3 - username : 3gprs, password : 3gprs, APN: 3gprs atau username : 3data, password : 3data, APN: 3data
* Axis - Username : Axis, Password : 123456

Mengoptimalkan Koneksi Internet via Software

akses internetSetelah PC anda sukses terkoneksi dengan internet, selanjutnya Anda harus memaksimalkan performance koneksi. Selengkapnya anda bisa cek disini : Software Mempercepat Akses Internet

1 komentar:

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpaynasional.com
    Hp:081335640101

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.